Twenty Things About Cca Tury

taeyong 4

Di tengah ketidakwarasan otak gara-gara hal lain yang menganggu, datanglah si Ditjao yang memberi challenge unik ini. Dulu, di instagram juga pernah tenar yang challenge yang seperti ini dan saya tertarik untuk mengikuti, begitu juga dengan yang satu ini. Saya tertarik untuk menulisnya.

Tapi, sebelum menulis dua puluh ini, pertama-tama saya berterima kasih sekali dengan Kak La Princesa yang sudah memsponsori challenge ini, walau sebenarnya sendirinya saya belum mengenal kakak. Jadi sebelumnya, salam kenal ya kak.

Ok. This is twenty things about Cca Tury.

  1. Your real name?
  • Ecca Turi. Di baca Eka, actually. Pun di rumah semua keluarga memanggil Eka, tetapi teman dekat, teman sepermainan, teman tapi mesra, teman yang baru kenal, teman ga kenal, teman sok kenal, teman makan teman, semua memanggil Ecca.
  1. Your current pen-name? When do you start using your current pen-name?
  •  Cca Tury. Sejak pertama kali menulis di wordpress pun nama pena sudah begitu. Sejak tahun 2010an.
  1. The story behind your pen-name?
  • Karena nama saya Ecca, kebanyakan orang selalu menyingkatnya menjadi Cha atau Ca. Terkadang saya merasa risih di situ, padahal nama saya kan Ecca, kenapa jadi Echa atau Eca? Maka dari itu dan oleh sebab itu, saya membiasakan diri menyingkat nama dan menulisnya menjadi Cca. Ketika membalas pesan dan nama akun di beberapa SNS, semua saya tulis menjadi Cca Tury. Begitu pun dengan nama pena.
  1. Where to find you?
  1. Why do you write?
  • Karena menulis adalah sebagai tempat saya menuangkan ide-ide, pendapat, dan imajinasi yang kadang memenuhi otak dan tidak tahu bagaimana mengolahnya.
  • Karena memang saya memiliki ketertarikan di bidang bahasa dan sastra, menulis adalah tempat pelampiasannya.
  • Karena dengan menulis fanfiksi merupakan salah satu cara terbaik mengagumi dan berimajinasi tentang idola kita dibandingkan dengan meneror dan mengejar-ngejar di kehidupan nyata.
  1. Where do you usually get inspiration for your writing?
  • Film yang ditonton.
  • Kejadian sehari-hari.
  • Perkataan seseorang.
  • Wajah idola yang saya lihat
  1. Genre you usually write?
  • Fluff,
  • Romance,
  • School Life.
  1. Genre you usually read?
  • Detective,
  • Mystery,
  • Psychology,
  • Thriller,
  • Science Fiction,
  • Slice of Life,
  • Comedy, and
  • a bit Romance.
  1. Current interest in writing?
  • Thesis (LOL, just kidding!)
  • Saya sedang dalam ketertarikan menulis fanfiksi dengan genre School Life.
  • Karena wordpress saya ini sudah terlalu banyak dengan tulisan fanfiksi dengan karakter Byun Baekhyun, jadi tertarik mengganti suasana dengan memperbanyak tulisan dengan karakter Lee Taeyong (current bias, hoho).
  1. Your typical favorite fictional character?
  • Karakter utama lelaki dengan lagak sok dingin dan berasal dari keluarga terpandang yang menjunjung tinggi nama baik, sedang dirinya bersikap seenaknya mencemarkan nama baik.
  • Karakter utama lelaki yang bersikap ceria di kehidupan sehari-hari, padahal sebenarnya dia menyimpan beberapa masalah yang sangat rumit.
  1. Name your own favorite fiction(s) and the reason why?
  • Saya pilih yang To You with My Whole Hearted. Kenapa? Karena itu adalah fanfiksi berchapter pertama yang saya tulis. Dan dibutuhkan perjuangan dan waktu yang cukup lama dalam menyelesaikannya, dari tahun 2012 sampai tahun 2015. Sempat terjebak writer block, bentrokan dengan penulisan skripsi, dan berniat menghapus dari segala peredaran, tapi akhirnya selesai dengan selamat sentosa. Hoho
  1. It might sound narcistic, but what’s something special from your writing?
  • Katanya tulisan saya sukses membuat pembaca diabetes. LOL.
  • Karena berakhir dengan open ended, mungkin? Menurutku itu spesial, meski banyak pembaca yang kurang menyukai bacaan seperti itu.
  • Plot twist, hanya beberapa tulisan sih yang plot twist, contoh Out of Reach dan Aroma.
  • Realistis. Maybe? Karena menurutku, tulisanku lebih menjurus ke kejadian yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Ketika menulis fanfiksi pun terkadang saya lebih memilih fakta yang terjadi sebenarnya dengan karakter fanfiksi saya.
  1. Aspects you still feel lacking?
  • Kurang dalam penulisan dengan EYD,
  • Kurang dalam diksi/pemilihan kata,
  • Kurang dalam masalah majas bermajas,
  • Kurang dalam pengembangan karakter,
  • Kurang dalam pendeskripsian dan narasi cerita.
  • Typo
  • One more. lack of observation. Terkadang saya malas sekali mencari referensi untuk tulisan saya. (I know, ini ga baik)
  1. Biggest challenge you’ve ever encountered when writing something?
  • Menulis fanfiksi dengan genre sad. Karena sudah terlalu sering dengan cerita fluff, romance, dan school life, genre sad menjadi hal yang sulit untuk saya tulis.
  • Menulis dengan tema yang ditentukan oleh orang lain. Biasanya terjadi ketika mengikuti suatu event atau lomba menulis lainnya. Agak sulit menulis dengan tema yang sudah ditentukan oleh orang lain.
  1. About your writing, what do you want to accomplish next?
  • Menyelesaikan semua list fanfiksi yang masih berstatus on going di library.
  • Menulis dengan genre science fiction.
  • Menulis dengan karakter saya ciptakan sendiri dan setting yang familiar di kehidupan nyata (mungkin karena sudah terlalu sering menulis fanfiksi dengan setting-setting yang juga diimajinasikan, jadi menulis dengan karakter sendiri dan setting yang ada di dekat saya menjadi sangat susah mendapat feelnya)
  1. What is something you usually avoid when writing?
  • Tema Marriage Life. Sebenarnya bukan avoid, hanya saja saya belum berpengalaman dengan yang namanya menikah, jadi agak susah untuk menulisnya.
  1. What is something you really want to improve from your writing?
  • Lacking yang tadi disebutkan di point ke 13.
  1. Do you have other interest aside from writing? And reasons why?
  • Being Editor or Reviewing. Sebenarnya tulisan saya sendiri masih jauh untuk dikatakan tulisan yang baik dan benar, tetapi saya rasa dengan mereview tulisan orang atau mengedit tulisan orang, itu juga membuat kita belajar bagaimana cara menulis dengan baik dan benar.
  • Singing. Hobi sih, melepas penat.
  • Cooking. I like eating, that why I am cooking.
  • Drawing and coloring.
  • Traveling. Pergi mengunjungi wisata alam adalah hal yang menarik.
  1. If you had ability to master one skill in one night, what skill would you choose?
  • Of course, being able to speak in multi languages. Apalagi sekarang sedang tertarik belajar bahasa Jepang dan India. Haha
  1. Protips from you for whomever read this?
  • Budayakan membaca sebelum bertanya.
  • Jangan menunda untuk menulis walau sehari saja (ini nasehat dari bapak saya. LOL).
  • Jujur. Terutama dengan diri sendiri.
  • Kata Shinichi Kudo, otak berpikir jernih ketika perut lapar. Jadi berlapar-lapar lah. Haha.

Rulesnya, katanya, setelah menjawab 20 pertanyaan, saya harus menge-tag 10 orang teman dan teman yang di tag harus mengikuti challenge ini, hehe. So, I’m tagging Diramadhani, Zulaipatnam, Fiolacindy, ApreelKwon, Ilachan, Ssilverkey.

Haha, sepertinya saya cuma bisa tag 6 orang, karena menurut saya itu teman-teman yang saya kenal dan cukup dekat dengan saya (dan kalau saya sok kenal dan sok dekat, MAAF ya T.T) dan maaf juga kalau kalian ternyata sudah di tag oleh yang lain. Dan maaf lagi, saya nge-tag di sembarang postingan kalian.

and finally, that’s it. Twenty Things about Cca Tury.

Thank you for reading,

XOXO,

Cca Tury

10 comments

  1. Oh gituu ntar deh cari cari inspirasi pas laper, atau sengaja melaparkan diri wkwk kak saran dari ayahmu ngena sekali :’) mau fiksi atau pelajaran emang yang namanya menunda menulis emang g baik :’)

Leave a Reply

